Breaking News

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Strategi dan Kebijakan Jangka Menengah

Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir

Sasaran Misi Pertama 1.1.1 Meningkatkan proporsi anak yang terlayani pada jenjang pendidikan anak  usia dini bermutu, merata, dan terjangkau.
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1.   Meningkatkan ketersediaan fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) secara merata, dan terjangkau di setiap desa. 1. Penyediaan subsidi untuk meningkat-kan keterjangakuan layanan PAUD yang bermutu, merata, dan terjangkau.
2. Mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD). 2. Penyediaan dukungan yang nyata kepada lembaga PAUD yang diselenggarakan oleh masyarakat.
3. Memantapkan komitmen aparatur, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam sinergitas pengembangan pendidikan. 3. Penyediaan dukungan yang nyata pemenuhan standar mutu dan keterlaksanaan akreditasi lembaga PAUD
4. Mendorong penyelenggaraan  pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) PAUD. 4. Penyediaan dan peningkatan sarana prasaran PAUD dalam kegiatan peningkatkan prestasi dan kreatifitas peserta didik
5. Meningkatkan kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD. 5. Penyediaan dukungan yang nyata kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD untuk mengikuti peningkatan kompetensi    
             
1.2.1 Meningkatnya jumlah penduduk yang terjamin kepastiannya dalam mengikuti pendidikan dasar sembilan tahun.
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1.     Meningkatkan kuaitas program Wajib Belajar 9 tahun yang meliputi layanan pendidikan SD dan SMP yang bermutu, relevan dan memperhatikan kearifan lokal 1. Penyediaan dukungan yang nyata kepada SD dan SMP Negeri untuk tetap berkomitmen menyelenggara-kan pendidikan dasar yang merata dan bebas pungutan bagi semua siswa
2. Mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dasar 2. Penyediaan dukungan yang nyata kepada SD/SMP dan MI/MTs yang diselenggarakan oleh masyarakat
3. Penyediaan subsidi dan beasiswa bagi peserta didik berprestasi dari keluarga kurang mampu dan terancam putus sekolah
3. Memantapkan komitmen aparatur, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam sinergitas pengembangan pendidikan. 4. Penyediaan dukungan yang nyata pemenuhan standar mutu dan keterlaksanaan akreditasi lembaga pendidikan dasar
 4. Mendorong penyelenggaraan  pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) pendidikan dasar 5. Penyediaan dan peningkatan sarana prasaran pendidikan dasar dalam kegiatan peningkatkan prestasi dan kreatifitas peserta didik
5. Meningkatkan kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dasar 6. Penyediaan dukungan yang nyata kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan dasar untuk mengikuti peningkatan kompetensi
     
1.3.1 Meningkatkan proporsi penduduk yang terlayani pada jenjang pendidikan menengah.
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Meningkatkan kualitas program Wajib Belajar 12 Tahun yang meliputi layanan pendidikan sekolah menengah SMA dan SMK yang bermutu, relevan dan memperhatikan kearifan lokal 1. Penyediaan dukungan yang nyata kepada SMA/SMK Negeri untuk tetap berkomitmen menyelenggara-kan pendidikan menengah yang merata dan bebas pungutan bagi semua siswa
2. Mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan 2. Penyediaan dukungan yang nyata kepada SMA/SMK/MA yang diselenggarakan oleh masyarakat
3. Penyediaan subsidi dan bea-siswa bagi peserta didik ber-prestasi dari keluarga kurang mampu dan terancam putus sekolah
3. Memantapkan komitmen aparatur, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam sinergitas pengembangan pendidikan. 4. Penyediaan dukungan yang nyata pemenuhan standar mutu dan keterlaksanaan akreditasi lembaga pendidikan menengah
4. Mendorong penyelenggaraan  pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) pendidikan menengah 5. Penyediaan dan peningkatan sarana prasaran pendidikan menengah yang memenuhi standar pendidikan (SNP), relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha/dunia kerja
6. Penyediaan dukungan pengembangan pendidikan kejuruan dan peluang kerja bagi siswa lulusan SMK melalui pendidikan sistem ganda, bimbingan karier dan pemagangan
5. Meningkatkan kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan 7. Penyediaan dukungan yang nyata kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan dasar untuk mengikuti peningkatan kompetensi
   
Sasaran Misi Kedua: 2.1.1 Meningkatkan prosentase pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi standar kulifikasi dan kompetensi dan/atau standar pelayanan minimal pendidikan
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Mendukung pelaksanaan peningkatan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan bermutu 1. Penyediakan dukungan yang nyata kepada pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK baik PNS maupun Non PNS untuk meningkatkan kualifikasi
2. Penyediakan dukungan yang nyata bagi tutor pendidikan masyarakat yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi
 2. Memfasilitasi pelaksanaan MGMP, MKKS, dan MKPS untuk peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan bermutu 3. Penyediakan dukungan yang nyata kepada pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK baik PNS maupun Non PNS untuk meningkatkan profesionalisme
  2.1.2 Meningkatkan presentase siswa lulus ujian nasional dengan rata-rata nilai  yang baik.
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Mendukung pelaksanaan pengembangan bakat dan prestasi peserta didik 1. Penyediaan dukungan bagi pendidik SMP/SMA/SMK yang mengampu mata pelajaran yang di-UN-kan untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka peningkatan perolehan nilai di atas rata-rata nasional
2. Mendukung pembinaan melalui pelajaran tambahan untuk persiapan menghadapi UN bagi peserta didik pada kelas akhir 2. Penyediaan dukungan bagi satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu prestasi akademik peserta didik dalam UN dan US
2.2.1 Meningkatkan jumlah pendidikan non-formal bagi masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Ogan Komering Ilir bebas buta aksara
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Memantapkan komitmen dan sinergitas pembangunan pendidikan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi  Sumatera Selatan dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir 1. Penyediaan dukungan yang nyata kepada lembaga pelatih-an maupun lembaga pendidik-an masyarakat untuk tetap berkomitmen menyelenggara-kan pendidikan orang dewasa yang bermutu
2. Penyediaan dukungan yang nyata terhadap pendidikan ke-aksaraan untuk menyelesaikan 4,95 penduduk buta aksara murni dalam rangka menuju OKI bebas Buta Aksara
3. Penyediaan dukungan yang nyata terhadap kesetaraan gender dan perlindungan terhadap hak anak dan perempuan dalam mengikuti pendidikan
4. Penyediaan dan peningkatan sarana prasaran untuk pendidikan masyarakat dan pendidikan non-formal yang merata dan berkeadilan
5. Penyediaan subsidi dan bantuan pendidikan untuk meningkatkan keterjangakuan layanan pendidikan  dan kelembagaan bagi lembaga pendidikan non-formal yang  menyelenggarakan pendidikan kemasyarakatan
2. Mendorong peningkatan partisipasi  masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan 1. Peningkatan pelatihan dan keterampilan bagi masyarakat miskin dan pengangguran dengan model  pendidikan yang kreatif dan produktif
2. Pembinaan pendidikan kecakapan hidup yang berkelanjutan bagi orang dewasa.
 
Sasaran Misi Ketiga: 3.1.1 Meningkatkan tata kelola layanan aparatur, akuntabilitas, sarana prasarana, dan pencitraan publik yang lebih baik
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1.   Meningkatkan kualitas aparatur pendidikan dalam rangka penyelenggarakan layanan pendidikan prima bagi masayarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir 1. Penguatan manajemen sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan dalam rangka meningkatkan  akuntabilitas kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir
2. Secara bertahap dan berkelanjutan memenuhi SMM ISO 9001:  2000 dalam rangka memberikan layanan prima Dinas Pendidikan kepada masyarakat
3. Penguatan manajemen perencanaan,  penganggaran dan pengelolaan keuangan
4. Penguatan sumber daya dengan memberikan dukungan prima, fasilitasi peningkatan disiplin aparatur dan sarana prasarana layanan masyarakat
5. Penguatan regulasi peraturan daerah  sebagai payung hukum pelaksanana peraturan per-undang-undangan yang diatur di atasnya secara teknis dan operasional melalui program legislasi daerah yang transparan dan memprioritaskan kepentingan masyarakat
3.2.1 Meningkatkan mutu layanan aparatur, pendidik, dan tenaga kependidikan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat yang lebih baik
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Mengefektifkan Tupoksi, SPM, dan SOP di kantor Dinas Pendidikan, di kantor UPTD, dan di satuan pendidikan. 1. Peningkatan mutu layanan pendidikan dengan memenuhi standar pelayanan  minimal dan standar pengelolaan pendidikan
2. Penguatan koordinasi, singkronisasi  dan sinergi data pendidikan dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dukungan layanan kebutuhan dasar masyarakat
3. Penguatan sistem informasi manajemen pendidikan dengan peningkatan layanan melalui pengembangan teknologi dan informasi
4. Penguatan pengendalian, Evaluasi  dan Pengawasan Internal SKPD Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir  
     
Sasaran Misi Keempat: 4.1.1 Meningkatkan mutu pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama bagi aparatur, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik pada semua jenis dan jenjang pendidikan.
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Peningkatan mutu pendidikan agama dan pendidikan keagamaan pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan 1. Peningkatan mutu pembelajaran agama dengan penyediaan pendidik (guru) dan sumber belajar secara merata pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan
2. Penyediaan dukungan terhadap peningkatan pelayanan kehidupan beragama pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan
3. Penyediaan dukungan terhadap peningkatan pembinaan kerohanian, toleransi, kewirausahaan, dedikasi, dan etos kerja
4. Penyediaan dukungan yang nyata  kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler wajib (kepramukaan)
2. Menciptakan kehidupan sosial yang harmonis untuk mewujudkan suasana yang aman dan damai bagi intern dan antarumat beragama 1. Penyediaan dukungan terhadap pemanfaatkan kearifan lokal dalam rangka menjaga keserasian dan memperkuat hubungan sosial di dalam kelompok-kelompok keagamaan
2. Pengembangan wawasan multikultural bagi guru-guru agama sebagai tenaga penyuluh kerukunan umat beragama
3. Penyediaan dukungan nyata terhadap kerjasama antarumat beragama melalui silaturahmi/safari antara pemuka agama, cendekiawan agama, dan tokoh agama di tingkat kabupaten dan kecamatan
4.2.1 Meningkatkan keterampilan pengelolaan diri dalam pemeliharaan kebugaran jasmani, pola hidup sehat melalui olahraga, dan pengembangan seni budaya
STRATEGI ARAH KEBIJAKAN
1. Peningkatan mutu pembinaan olahraga dan menigkatkan kesadaran hidup sehat pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan 1. Membangun kemitraan dengan instansi terkait untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga,
2. Membangun kebiasaan hidup sehat dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan di rumah
3. Penyediaan ajang kompeteisi bidang olahraga, dan memberikan dukungan pemenuhan sarana prsarana olahraga yang memenuhi standar.
2. Peningkatan mutu pembinaan apresiasi seni dan daya kreasi melalui seni budaya lokal 1. Membangun kemitraan dengan instansi terkait untuk meningkatkan apresiasi seni dan daya kreasi terhadap seni budaya lokal,
2. Membangun rasa kebanggaan terhadap seni budaya lokal
3. Penyediaan ajang kompeteisi bidang seni budaya lokal dalam rangka pelestariannya.