Breaking News

Inilah Tips-tips Untuk Guru Baru di Sekolah

Guru sekolah merupakan sebuah elemen penting bagi kehidupan masyarakat. Tanpa adanya guru, maka pendidikan yang mencerdaskan bangsa akan sangat terhambat prosesnya. Seorang guru harus bisa cekatan dan beradaptasi dengan lingkungan tempat ia mengajar. Bagi seorang guru sekolah yang baru jadi, ada kesulitan tersendiri saat ia mencoba untuk mendapatkan pengalaman mengajar pertamanya. Ada sebuah beban yang bisa dikatakan lebih dominan menggerus mental guru baru itu. Untuk itulah, admin mencoba menuliskan beberapa tips beradaptasi bagi guru sekolah yang baru.

Bagaimana Guru Sekolah Baru Beradaptasi?

Berbicara di hadapan banyak orang, memang membutuhkan mental baja. Meskipun, pada kenyataannya seorang guru hanya akan berbicara di depan anak didiknya. Namun meskipun demikian, hal tersebut tetap saja dapat membuat keringat dingin mengalir deras. Di bawah ini, ada beberapa tips yang dapat menambah kepercayaan diri seorang guru muda saat akan mengajar :

  • Menguasai Materi Seorang guru sekolah, secara dasar pasti sudah menguasai tentang semua materi pelajaran yang akan disampaikan. Namun, terkadang rasa gugup membuat seseorang tidak bisa berpikir dan membuat penguasaan materi berantakan. Persiapkan garis besar tentang materi dan cara penyampaiannya, buatlah kesan pertama di mata anak didik Anda.
  • Datang Lebih Awal Ini hal yang harus menjadi perhatian penting! Seorang guru baru harus datang tepat waktu, bahkan mungkin lebih awal, untuk menghindari hal-hal yang tidak tidak diinginkan. Bisa dibayangkan, bagaimana jika seorang guru baru terlambat dan terkesan tidak disiplin.
  • Bergaul Dengan Warga Sekolah Ketegangan dan cara mengobrol yang terkesan kaku, dapat menjadi dinding pemisah antara guru sekolah baru dengan warga sekolah yang lain. Berbicaralah dengan gaya yang hangat, bersahaja dan tidak perlu terlalu kaku. Terkadang, butuh guyonan-guyonan khas yang tidak menyakiti siapa pun.
  • Pahami Kebijakan Sekolah Pada dasarnya, setiap sekolah mempunyai kebijakan-kebijakan yang harus ditaati oleh setiap warga sekolah. Sebagai warga baru di sekolah tersebut, kita tidak boleh melanggar setiap kebijakan yang ada. Pelanggaran mungkin saja terjadi, jika seorang warga sekolah tidak paham. Untuk itu, pastikan kita memahami kebijakan-kebijakan yang ada
  • Terbuka Dengan Siswa Interaksi seorang guru setiap harinya adalah dengan siswa. Kita sering mendengar tentang guru yang galak atau dalam istilah anak muda sering disebut guru killer. Budaya belajar mengajar zaman sekarang bukan seperti itu, tapi dengan menjadikan anak-anak didik sebagai partner dan teman dalam belajar mengajar. Terbuka dengan mereka untuk hal-hal yang memang wajar untuk dibicarakan, sehingga terjalin hubungan pertemanan yang erat.
  • Sapa Murid Menyapa murid merupakan hal yang sangat baik untuk menambah keakraban guru sekolah baru dengan murid-muridnya. Menyapa murid akan lebih berkesan jika dilakukan dengan menyebut namanya. Untuk itu, pastikan nama-nama murid bisa dihafal oleh guru sekolah yang baru. Dengan begitu, murid akan lebih merasa diperhatikan dan dipentingkan.
  • Sosialisasikan Aturan Belajar Setiap guru pasti mempunyai aturan-aturannya sendiri dalam mengajar. Sosialisasikan aturan-aturan itu, agar siswa dapat mengikuti aturan tersebut dan nyaman dengan kita. Pastikan aturan-aturan itu baik dan tidak menekan siswa sama sekali.
Itulah beberapa tips bagaimana seorang guru baru dapat beradaptasi di dalam sekolah baru. Pastikan kita nyaman dan merasa di rumah sendiri ketika di sekolah. Perasaan tersebut hanya dapat kita ciptakan, dengan membuat interaksi dua arah antara guru baru dengan warga sekolah lainnya, terutama murid-murid. Sumber : http://gurusmp.com