Breaking News

WORKSHOP PENGEMBANGAN ROADMAP SPM DIKDAS

WORKSHOP PENGEMBANGAN ROADMAP SPM DIKDAS DAN PENGINTEGRASIAN KEBIJAKAN PEMENUHAN SPM DIKDAS KE DALAM PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DAERAH

PENDAHULUAN

SPM Pendidikan Dasar telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten / Kota. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2013 (beserta lampirannya) memuat penjelasan secara rinci mengenai pengertian, metoda pengukuran indikator, analisis kebutuhan biaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal, dan langkah-langkah untuk menuangkannya ke dalam dokumen perencanaan daerah.

Dalam rangka implementasi Permendiknas dan Permendikbud tersebut, Pemerintah c.q Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  bekerjasama dengan Uni Eropa memprogramkan suatu kegiatan dalam bentuk  Program Pengembangan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (Program PKP-SPM DIKDAS). Untuk merealisasikan program tersebut Uni Eropa berkomitmen memberikan bantuan teknis dengan menyediakan dana hibah sebesar €37,3 juta yang dikelola oleh Asian Development Bank (ADB). Dana bantuan tersebut akan diberikan  kepada 103 Kabupaten/Kota diIndonesia dan salah satu diantaranya adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Penerapan Program PKP-SPM Dikdas di Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2017 merupakan perpanjangan program PKP-SPM Dikdas yang telah dilaksanakan selama 2 tahun yaitu tahun 2015 dan 2016.  Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan penerapan Program PKP-SPM Dikdas hibah Uni Eropa tahun 2015 s.d 2016 dan persiapan implementasi program tahun 2017, dinyatakan bahwa Kabupaten Ogan Komering Ilir termasuk dalam Kategori A, yang memperoleh tambahan dana hibah Rp 300.000.000,- (Surat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 10415/D/KL/2016, tanggal 30 Desember 2016 tentang Alokasi Dana Hibah PKP-SPM Dikdas Tahun 2017). Alokasi dana hibah untuk Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2017 seluruhnya adalah Rp 671.966.000,-  yang terdiri dari dana SILPA tahun 2016 sebesar Rp 371.966.000,- dan dana tambahan sebesar Rp 300.000.000,-

Tim Teknis dalam  merumuskan program dan kegiatan berpedoman pada Surat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada point 4 dengan mempertimbangkan kegiatan wajib yang belum terealisasi pada tahun 2016.  Kegiatan program PKP – SPM Dikdas Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2017 ini terdiri dari kegiatan mutlak yang  belum terealisasi dan kegiatan pilihan lainnya yang relevan dengan  pengembangan kapasitas dalam rangka pemenuhan SPM Dikdas di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Salah satu kegiatan mutlak yang diprogramkan adalah kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan Pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah.

TUJUAN

Adapun tujuan kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah ini adalah agar semua peserta dapat :

  1. Memahamipengertian Roadmap SPM Dikdas, PrinsipDasar Roadmap, danSistematika Roadmap yang baik.
  2. Memahami langkah- langkah penyusunan Roadmap SPM Dikdas.
  3. Mengetahui gambaran umum pencapaianhasilpengukuran SPM Dikdasberdasarkansensus 2016.
  4. Melakukananalisiskesenjanganpencapaian SPM Dikdassecara detail.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

  1. Pemahamanpesertatentang Roadmap danSistematika Roadmap yang baikdansesuaiprinsip.
  2. Peningkatan pemahaman peserta tentang langkah-langkah penyusunan Roadmap SPM Dikdas.
  3. Hasil analisis kesenjangan pencapaian SPM Dikdas secararinci.
DASAR HUKUM

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah ini, antara lain :

  1. Undang-Undang Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
  2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4884);
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan Daerah.
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota;
  7. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.07/2012 jo. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.07/2015 jo. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.07/2016 tentang Hibah dari Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Daerah;
  8. ADB Technical Assistance Report : Republic Of Indonesia : Minimum Service Standards Capacity Development Program (Project Number: 47013-001) Capacity Development Technical Assistance (Cdta), March 2013;
  9. Surat Persetujuan Penerusan Hibah Daerah untuk Program Hibah PKP-SPM Dikdas TA 2017 Nomor :S-15/MK.07/2017, tanggal 14 Maret 2017;
  10. PPH antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir No : AMA- 3/PKP-SPM/MK.7/2017.
PESERTA Peserta kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah ini adalah :
No Nama Instansi Jumlah Peserta (Orang)
1 DPRD 2
2 Dinas Pendidikan 15
3 Sekretariat Daerah :
a. Bagian Hukum 1
b. Bagian Organisasi 1
c.  Bagian Humas dan Protokol 1
4 BPKAD :
a. Bagian Anggaran 1
b. Bagian Perbendaharaan 1
c.  Bagian Akuntansi 1
5 Bappeda :
a. Bidang Sosial Budaya 2
b. Bidang Program 1
6 BKD :
a. Bidang Mutasi dan Promosi 1
b. Bidang Diklat 1
7 Kemenag :
a. Seksi Madrasah 1
b. Seksi Pendidikan Agama Islam 1
8 Dewan Pendidikan 2
Jumlah 32
PANITIA

Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir No : 800//SKR.3/DISDIK/2017 tanggal      Mei2017, susunan panitia pelaksana kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah adalah sebagai berikut :

NO NAMA JABATAN
DINAS PANITIA
1 Marwan Adinata, SE Staff Subbag Perencanaan Ketua
2 Eka Haraiba, ST Staff Subbag Perencanaan Anggota
3 M. Hery Aprianto, SE Staff Subbag Perencanaan Anggota
4 Seri Agustuti, SE Staff Subbag Perencanaan Anggota
5 Noviansyah, SE Staff Subbag Perencanaan Anggota
6 Ati Hapsari, SE Staff Subbag Perencanaan Anggota
7 Lusri Rairmaidi, SE Staff Subbag Perencanaan Anggota
TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan Workshop Pengembangan Roadmap SPM Dikdas dan Pengintegrasian Kebijakan pemenuhan SPM Dikdas ke dalam Perencanaan dan Pengganggaran Daerah ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal    :   Selasa - Rabu, 16 s.d 17 Mei 2017

Waktu              :   08.00 WIB s.d Selesai

Tempat            :   Hotel Cipta

Jalan Letnan Muchtar Saleh Kayuagung